Ketemu jodoh: susah susah gampang

Posted: June 11, 2010 in my story
Tags: ,

Ada pepatah bilang

Jodoh itu ditangan Tuhan

trus yang lain bilang

“Tapi kalo  kamu gak berusaha, jodoh itu gak bakalan dateng “

Salah satu dosen pembimbingku pernah berkata mendoakan ak, “cepat lulus ya rosita, semoga cepet dapet jodoh”  yang tentu saja langsung kujawab dengan polosnya “Tapi saya gak mau buru buru nikah Pak, mau kerja dulu”. Dan sang dosen pun tertawa, seraya berkata “Loh rosita, jodoh itu bukan cuma soal menikah atau pasangan hidup, jodoh itu bisa mencakup banyak hal, selain yang saya sebutkan tadi, jodoh itu bisa tentang pekerjaan,tentang sekolah atau tentang property yang kita miliki. Dan itu nanti akan kita temui secara bertahap. tapi untuk rosita, karena sekarang sedang menyeleseikan Tugas Akhir, saya doakan cepat lulus dan cepat mendapat jodoh pekerjaan”.

Begitu kira kira penggalan dialogku dengan sang dosen di suatu sore yang berawan di salah satu ruangan gedung C lt.1

Dan kira kira seperti itulah yang kualami (yakin, banyak juga teman teman yang mengalaminya)ketika sibuk mengikuti berbagai tes kerja di beberapa instansi perusahaan. Setelah lulus kuliah dan lulus sekolah di kampung(:P), ak mulai memantapkan diri untuk mencari kerja. Berbagai ajang JobFair kudatangi, dan lumayan banyak tes dan interview yang dijabanin.Kadang ada masa dimana ak semangat berburu kerjaan, namun seringkali ada masa letih berburu kerja dan  memilih untuk mengisi pikiran dengan ilmu baru. Hasilna ak jadi pengangguran yang super sibuk ikutan kursus.  Saking keasyikan kursus, ak jadi sering menolak panggilan interview cuman gara-gara lokasi tesnya jauh dari posisiku saat itu dan bahkan minta reschedule minggu depannya . “Songong banget ni anak”, mungkin itu kali ya yang ada di pikiran para penelfon itu (LOL). Tak hanya itu, ketika sedang semangat berburu pekerjaan,ada kalanya aku dihadapkan pada pilihan antara dua sampai tiga panggilan tes yang waktu tesnya bersamaan di tempat berbeda yang berpuluh puluh kilo jarakny.

Mengorbankan salah satu?? Kalau rating perusahaannya berbeda di mata saya, mungkin gak masalah.. tapi kalo sama sama kesempatan langka? sy kira orang lain juga akan bingung ria kalo disuruh milih mo ngorbanin yang mana.

Solusinya: just listen your mind and do it.

Perkara kalo nti ternyata km gagal di pilihanmu itu, ya berarti blom jodoh, Allah belum ngijinin, tapi kan paling gak kita udah usaha gt lo..

Atau seperti itu juga yang terjadi ketika si mami bingumg cari ‘tunggangan’ second tangan pertama buat pengganti si item yang terpaksa dilepas ke jeng tatik, soalna si jeng ini naksir berat sama si item. Dan timing jualnya pas banget saat tabungan keuangan keluarga lagi sakratul maut. Tapi bagi aku and Ndoro, Apa sih yang enggak diusahain buat si mami??

Jadi selama sebulan itu, ak jadi ikutan sibuk baca koran sumer,solopos,koran jitu pokoknya semua koran yang terbit di area solo kupelajarin dah, bukan buat baca headline news, tapi nyari iklan kendaraan..Pas ada yang cocok tipe,warna dan kisaran harganya, kita datengin deh rumah si engkoh yang pasang iklan, tapi 2 kali didatengin, kita cuman ketemu ama pembantunya si engkoh, mana bisa nego harga klo si engkohna kagak ade.. yaudah emang kita gak jodoh sama si jesi abu punya si engkoh.

Dan saat si Farid tiba tiba nelfon, bilang mintol dicariin tanah buat investasi. Ak sama Ndoro pun  turun tangan blusukan ke kampung kampung pinggiran kota, tak lupa membawa cangkul meteran dan catetan buat nyari kodok sepetak sawah. Just for info,2-3 bulan kemren ternyata banyak orang yang jual tanah murah, mungkin krn mo musim awal tahun ajaran baru kali y. Tapi dari hasil blusukan itu,ak sama Ndoro sepakat bahwa kebanyakan tanah yang ditawarkan gak sesuai ama selera kita. Ada yang cocok harganya tapi ternyata bentukna gk bagus fengshuina. Ada yang bagus banget struktur tanahna buat dibikin rumah and cocok harganya tapi setelah dipikir2 kok terlalu luas banget yahhh mana g bisa ambil sebagian aja lagi. puff.. Gak jodoh lagi dah..

Kesimpulanku, jodoh itu gak melulu tentang pasangan hidup.. Tapi semua hal yang dititipkan sang Illahi kepada kita..Ada orang yang bisa menemukan “jodohnya” dengan cepat dan ada yang musti menunggu lama untuk mendapatkannya.. Intinya kita musti sabar dan yakinlah dengan rencana Allah.

Jadi,..Sudahkah anda bertemu dengan “jodoh” mu hari ini??

coba katakan

Posted: November 19, 2009 in song of my life
Tags: ,

love this song

coba coba katakan kepadaku bahwa kita sedang berjalan menuju satu alasan,
janganlah kau katakan bila kita memang tak ada tujuan, dari apa yang dijalankan,

aku tak ingin terus terdiam memandangi harapan,
terlena akan manis cinta dan berujung kecewa,
aku tak ingin terus menunggu sesuatu yang tak pasti,
lebih baik kita menangis dan terluka hari ini..

coba coba katakan kepadaku sekali lagi bila kita memang benar akan kesana,
buktikan dan buat aku percaya bahwa kita bisa, mewujudkan bahagia,

aku tak ingin terus terdiam memandangi harapan,
terlena akan manis cinta dan berujung kecewa,
aku tak ingin terus menunggu sesuatu yang tak pasti,
lebih baik kita menangis dan terluka hari ini..

ohh.. oh.. habis sudah semua rangkai kata..
telah terungkap semua yang kurasa..
yang kuingin akhir yang bahagia.. hoo..

aku tak ingin terus terdiam memandangi harapan,
terlena akan manis cinta dan berujung kecewa,
aku tak ingin terus menunggu sesuatu yang tak pasti,
lebih baik kita menangis dan terluka..

aku tak ingin terus terdiam memandangi harapan,
terlena akan manis cinta dan berujung kecewa,
aku tak ingin terus menunggu sesuatu yang tak pasti,
lebih baik kita menangis dan terluka hari ini..

wohoho.. dudududu…
wohoho.. dudududu…

yang ku inginkan..
satu tujuan..
sebuah kenyataan..
bukan impian..
bukan harapan..
bukan alasan..
satu kepastian..

coba katakan..
coba katakan..
coba katakan..
coba katakan..

kue ulang tahun gusti

Originally uploaded by lochietha

Syapa bilang kue ulang tahun harus kue tart?
Buktinya kita bisa bikin kue dari gethuk singkong
seperti gambar di atas

Cara bikinnya mudah kok…

pertama kita siapin dulu bahan2 seperti

  • 500 gr singkong, kupas
  • 125 gram gula pasir
  • 1/4 sdm garam
  • 1/2 kepala muda trus diparut
    • 1 lbr daun pandan
    • 50 gr gula pasir

    tuh ukurannya bisa dimodif ya,.. sesuai selera lah

    Cara membuat:

    1. Singkong dikukus dalam dandang sampai matang
    2. Hasil kukusan singkong dihaluskan, campurin juga dengan gula pasir dan garam, aduk rata
    3. Taruh di loyang cetakan, biarkan
    4. Campur parutan kelapa muda dengan garam hingga rata, tambahkan daum pandan, kukus hingga matang
    5. Sajikan deh,…

    meet Farid

    Posted: March 16, 2009 in hihiy, my story
    Tags:

    Pukul 11.48 tepat aku sampai di stasiun hall, setengah buru-buru aku berlari memasuki pelataran parkir. Kutengok v3 pink ku, eh ternyata ada rentetan sms masuk

    "Aku dah di stasiun Bandung"
    Dari:Farid
    10.58 13-MAR-09
    "Sin, kamu lewat pintu mana?, kalo pintu utara kutunggu di situ"
    Dari:Farid
    11.12 13-MAR-09
    "Kalo dah sampai call me yo"
    Dari:Farid
    11.24 13-MAR-09
    "Dmn sin?"
    Dari:Farid
    11.46 13-MAR-09
    "Mas, dimana? aku baru nyampe stasiun niyh "
    "Sinta."

    Aku terus berjalan masuk ke teras stasiun, celingak celinguk mencari sosok yang terakhir kali kulihat masih mirip Teuku Firmansyah itu , sambil berpikir kira kira dia sekarang seperti apa ya bentuknya? Tambah ndut atau tambah kurus atau tambah item?

    Apakah segendut Fu atau sekurus Dida?

    Sambil mengingat-ingat dua orang temanku yang tadi barusan makan pagi di kosan, perasaanku jadi gak enak karena tadi sempat ngerasa kesal dengan dua orang itu, soalnya setelah melakukan ritual sarapan bersama tadi, mereka pake acara mengobrol bareng di kamarku segala,dan saking asyiknya mereka ngobrol sampai sampai gak sadar kalo si empunya kamar yang mo pergi tuh musti pake acara dandan2 gitu deh. Mungkin mereka lupa kalo aku ni cewe kali ya.

    Akhirnya aku yang harus mengalah dan numpang ganti kerudung ke kamar sebelah,

    Sebelum pikiranku mulai berputar putar trus jadi pusying plus pening karena banyak ngeliat muke muke sipit endut kaya Fu atau muka guanteng kaya Suro (iyh najong, mbah suro pasti senyamsenyum sendiri baca ini) , eh tiba2 ada sms masuk

    "Aku dah di dalam, Kamu masuk peron bisa g?"
    Dari:Farid
    11.49 13-MAR-09

    Masuk peron.. Eh bli tiket peron,… Berapa duid sih?.. Sambil merogoh kantung nyari duid 1500 perak, mataku sibuk jelalatan nyari tempat jualan tiket box, eh tiket peron..

    Nah ketemu…

    Nyampe depan penjualnya

    “Bli tiket peron satu Pak”, kataku ke Bapak penjual karcisnya sambil nyerahin duid, Eh ko ternyata yang kuserahin cuman selembar duid 1000

    “Harganya 1500 neng” Kata Bapaknya sambil ngasih tu tiket peron

    “Iya tauk, sabar dong Pak” kataku tapi dalam hati ajah lah yau, …

    Setelah ngasih duid 1000 lagi dan dikasi kembalian 500 perak, aku langsung ngacir ke pintu masuk Utara, nyerahin tiket peron ke satpamnya yang langsung ngebuang tiketnya ke tong sampah,

    (yah mau gimana lagi, Emang secepat itulah usia pake tiket peron….)

    Masuk ke ruang tunggu, aku celingukan nyariin pria berusia 26 tahun dengan ciri tumbuh jenggot di dagunya dan terakhir kuingat berukuran tinggi 170cm, berat 60 an kg, dan kayaknya pake baju putih. Tengok ke kiri, isinya bapak-bapak dan ibu-ibu, tengok ke kanan isinya bapak-bapak dan mbak-mbak juga dan Eh….. ada orang pake kaos putih yang berdiri dan melambai lambaikan tangan ke aku…

    Itu Mas..

    Aku berjalan menghampiri ke tempat dy duduk,

    Aku tersenyum Dy juga tersenyum…

    Lalu kami duduk,

    “Maaf ya lama, tadi macet di jalan. Mas udah lama nunggunya?”, tanyaku sambil mengamati keadaannya, dan lega setelah melihat dy sehat sehat aja.

    “Lumayan”, katanya .”Oh iya, aku mau solat Jumat dolo, tolong jagain barang bawaanku bentar ya.”

    “Oke”, kataku

    “Oiya, Kamu dah makan? Kalo mo makan duluan ,tuh makan aja di HokBen situ”, Katanya sambil nunjukkin ke warung Hoka-HokaBento

    “Ato mo makan bareng aku?” tanyanya. ” tapi nungguin aku selesei jumatan dolo”

    “Aku makan bareng Mas ajah, gakpapa nunggu. Lagipula tadi barusan aku dah sarapan di kosan abiz masak-masak sama temenku”, jawabku

    “Oke”.”Oiya aku solat dimana niyh?” tanyanya menyadarkanku bahwa ini kali pertama dy masuk stasiun Bandung, “Disana ada mushola tapi kecil, Mas bisa Sholat Jumat di sana nanti di pintu keluar belok kiri”, aku menunnjukkan tempatnya.

    Setelah dy pergi, aku bengong-bengong aja ngeliatin kesibukan di sekitarku. Pikiranku melayang mengingat kejadian malam kemaren. Kemaren jam 10 malem Farid nelpon, dan bilang kalo dy lagi di kereta menuju Bandung.

    “Nti sekitar jam 11 an aku nyampe Bandung” katanya lewat telfon.

    “Mau dijemput gak? “, tanyaku

    “Gampanglah, Nti kuhubungin lagi”, katanya

    “Oke”,

    Telpon diputus, dan setelah itu, akupun tersadar kalo aku bukan anak tunggal, aku ga sendiri., ternyata aku punya sodara loh…. Hehehehe…

    Nah lo…

    Mungkin emang bener kalo kita ngerasa jadi keluarga tuh cuman saat kita kecil. Beranjak dewasa, karena terpisah dan beda urusan, kita kadang lupa kalo punya sodara,

    ———————————————————————————————————-

    30 menit kemudian , Masfa muncul…

    “Makan yuk”, katanya…

    “Yuk”

    “Ke HokBen aja ya, atau mau ke tempat laen?” tawarnya

    “Hokben aja”

    Suasana di Hokben siang itu gak terlalu ramai, di sela-sela makan, Masfa nanyain dan ngomongin hal-hal seperti di bawah ini

    “Kapan kamu mau lulus?”

    “Kenapa skripsimu ribet banget?”

    “Kira-kira Skripsimu bisa dikerjain gak?”

    “Kalo mang jalannya buntu, kenapa gak puter balik aja?”

    “Kenapa kamu selalu pilih jalan yang susah, kalo ada yang gampang kenapa gak?”

    Trus karena gakda obrolan, aku cerita

    “Minggu lalu aku ke bogor”

    Masfa Bilang:”Akhir pekan lalu aku juga dinas di cibinong Bogor”

    “O reaalyy??” kataku dalam hati aja, yang keluar dari mulutku Cuma”Oh iya?”.

    “Kamu ngapain ke bogor?” tanyanya

    “Temenku ada yang nikah, tempat nikahnya di Cibinong juga”, jawabku

    “Aku lo di sono smpe nginep 2 hari”, katanya. Sempet aku nangkep sedikit kecewa dalam nada suaranya

    “Ya Amplop, bener-bener less communication deh tali persodaran kita Mas, kalo kita suami istri, udah cerai kita sehari setelah nikah dolo”, kataku dalam hati

    Aku jadi inget topik Bahasa Inggris hari Kamis kemaren. Pak Yogi mengajak kami diskusi about “Living Through Divorce”. Yah puyeng juga tu topik,

    ” I never have been married Sir”,

    ” I know Sita, But What do you think the reason a couple get divorce?”

    “Dunno Sir, maybe because less communication. I think to keep good relationship, a couple have to make good communication between them “, cieehh sok tau gituh jawabanku

    “And How often do you think, the frequency a couple should communicate with their spouse?”

    “I don’t have idea Sir, maybe it’s depends on location between the husband and wife. If they live separate in another town, i think it’s ok to communicate once or twice a day, with telephone or just texted the message”

    “And how about if they live in same town or even they live in one house, how often it’s ok to communicate? And what topic ussually they can discuss?”

    “Well as I know, maybe when they have breakfast in the morning, they can discuss about the activity that they will doing, or the plan to do long vacation,or maybe discuss about gossip at the office. And if they feel their life together has become very boring, maybe they should try to go out together, go to cinema to watch the movies, doing simple activities like playing games, cooking together, or anything”

    Hohoho itu dy masalahnya. …

    Aku coba inget-inget kapan aku maen bareng sama Masfa…

    Tapi susah nemu ingetanku…

    Selain belanja bareng karna nganter mami, atau ngabur bareng saat sama-sama patah hati beberapa tahun lalu, apalagi ya??

    Back to the story,….

    Qta ngobrol ngalur ngidul gosipin hidupku, gosipin hidupnya gosipin keluarga,

    “Eh aku mau liyat foto anakmu dong”,kataku ke Farid..

    “Ohiya, niyh.” katanya sambil ngeluarin handphone dan nyerahin ke aku

    Kuliatin aja foto-foto alsa, anaknya Farid.

    Lucu deh, mukenye bener2 plek sama mukenye Farid….

    Ya iyeslah, namanya juga anaknya farid..

    “Tau ga sin, alsa udah bisa nyuapin aku” kata Farid

    “oiya?” “kok lucu dy..”

    “Iya,.. Dy juga suka …. Bla bla bla….” (hmmm… Aku selalu nemuin suasana kek gini kalo lagi ngobrol sama orang2 yang baru punya anak pertama)

    Jadi pengin … Ketemu Alsa….

    ————————————————————————————————

    Pukul 14.15

    Saat kereta Argo Gede sudah nongkrong di jalur 5 dari limabelas menit lalu

    Saat bau solar udah menyumbat hidung

    Saat para penumpang sudah mulai naek ke kereta

    Saat itulah Masfarid dan Desinta saling berpamitan…

    No kiss

    No hug

    No money he giving to me (yee dasar adek yang matree)

    Just smile

    And the word from my mouth said: “Hati hati ya”,” Salam buat istrimu dan Alsa”

    “Ok” katanya sambil berlalu dari hadapanku…

    And in the Hall station, kita bertemu dan berpisah..

    Kuamati saat dy berjalan menjauhiku sampai akhirnya punggungnya hilang dari pandangan…

    ————————————————————————————————–

    Hey I forget

    I haven’t told you bro

    I ‘ll visit ur house next week….

    Selepas Supri pergi

    Posted: January 28, 2009 in iseng, my story, Uncategorized
    Tags:

    Mungkin merupakan sesuatu hal yang aneh bagi diriku yang dari kecil terbiasa naik sepeda motor kemana-mana, kemudian suatu saat tiba-tiba diriku harus hidup tanpa motor. Sudah tiga minggu ini supri, motor tua saya yang berumur 12 tahun tidak bersama diriku. Kebetulan sang kakak tercinta lebih membutuhkan jadi, bersama dirinyalah kini supri berada.
    Kini kemana-mana diriku menggunakan jasa angkutan umum seperti angkot atau kalo males, diriku pilih jasa peminjaman sepeda motor punya mbah suro atau mas daru dan kalo lebih males lagi, pake aja jasa antar jemput nya si Puad atau markoneng.

    Sedihnya gak punya motor

    1. Harus mikir dua kali kalo mau pulang malem, aplagi pulang dari lab, secara dua cara tiga cara, jalanan di samping MSU gelap banget, nti kalo tiba-tiba ada mba kunti kan atut juga.
    2. Musti menyiapkan waktu ekstra untuk perjalanan darat menggunakan angkutan umum.
    3. Selalu sedia uang kecil uang ribuan dan limaribuan buat jaga-jaga kalo mo bayar angkot.

    Tapi ada juga enaknya…

    1. Gak perlu pusing mikirin bensin habis, mandiin supri, servisin supri, masukin supri biar gak kedinginan kalo malem dan segala kewajiban kita sebagai pemilik motor.
    2. Dompet jadi lebih tipis karna gak perlu bawa STNK dan SIM.
    3. Badan jadi lebih sehat karna kemana-mana musti jalan kaki.(*Nggaya) hehehehe…
    4. Telapak tanganku jd lebih putih karna diriku jadi jarang keluar hehehehehe…

    Kok jadi banyakan enaknya yah daripada gak enaknya?… (tuing…tuing…)

    ten fact about me

    Posted: December 28, 2008 in iseng, my story
    Tags:

    images

    I’ve been tagged by efeme on his about my ten facts/habits post to write about my ten things/habits. And then I’ll explain 10 things about me.

    1. Going on new environment makes me nervous. So i’m sure that you’ll see a very quiet person on me in the first. But actually i can be funny and fussy person especially with my good friends.
    2. i have a pretty sweet smile. huahahaha. But when i’m laughing, it sounds horrible, like mak lampir’s sound maybe.
    3. i don’t have favourite music or favourite band. The song which determine my condition will be my favourite song.
    4. I like giving name to some object around me, ex: supri for my motorcycle, pinky for my doll, bagot for my pillow
    5. When i’m hungry i can be a very fussy person. This condition will be end if my stomach is fully filled. I will be a quiet person again.
    6. Like another woman in the world, i like to doing some girl’s stuff such as cooking and shooping. Even i cook to eliminates my stress. But as you know that the succesfull of foods is depends on ur mood when you cook. So i think the taste is not very delicious.
    7. Actually i’m a simple person.
    8. Sometimes i feel hard to remember people’s name. And when i meet someone whom i forget her/his name, i just smile with her/him. But, If I still couldn’t remember the name of someone I’m talking to, i just call her/him with “mas” or “mbak” or “jeng”… hehehe
    9. I like number 9. I always choose a numberphone or anything which contains this number.
    10. My favourite foods is meatballs. Good choice, if you will threat me in low budget. (xixixi)

    ********************************************

    These are the rules:

    1. Each blogger must post these rules
    2. Each blogger starts with ten random facts/habits about themselves
    3. Bloggers that are tagged need to write on their own blog about their ten things and post these rules. At the end of your blog, you need to choose ten people to get tagged and list their names.
    4. Don’t forget to leave them a comment telling them they’ve been tagged and to read your blog.

    ******************************************

    …and the lucky friends who must continue this post are: MbahSuro, Puad,Daru,Endozz, Bastian, Arkom, MasAdi,Nanda, Agra, Brury

    Galabo

    Posted: September 29, 2008 in hiburan

    Sudah lama sekali saya gak pulang kampung, sampai-sampai gak tau perkembangan baru yang ada di kota solo tercuintah. Ternyata ada tempat nongkrong baru di sini. Namanya Galabo. Pertama dengernya, saya kira tuh bentuknya rumah makan baru. Tapi kata temen saya, tempatnya kaya model lesehan. Jadi penasaran, akhirnya saya pergi ke sana juga.

    Galabo itu kepanjangan dari Gladag Langen Bogan. Tempatnya ada di daerah Gladag. tepatnya di sepanjang Jalan Mayor Sunaryo, dari ujung perempatan Gladag sampai depan PGS. Di siang hari, jalan ini merupakan jalan biasa tempat lalu lalang berbagai kendaraaan dari becak sampe bus. Tapi mulai pukul 17.00-24.00, jalan ini ditutup dan dipakai untuk berjualan para pedagang kaki lima.

    Pilihan menu yang ditawarkan sangat beraneka ragam dan membuat bingung memutuskan mana yang akan dipesan duluan. Kalo ga tau menu yang ditawarkan, tinggal baca aja di papan menu super guede setinggi 3 meter di dekat pintu masuk. dari mulai makanan ringan seperti sosis solo sampai makanan berat semacam tengkleng ada di sini. Tinggal pilih saja.

    Dan jangan kuatir tidak kebagian tempat. Tempatnya sangat luas.  Ada 2 macam tempat duduk, mau lesehan di tikar atau duduk di meja bundar. Di depan PGS disediakan juga panggung tempat para musisi memeriahkan suasana dengan music keroncong khas tempo doelo.

    Wah tempat ini harus Anda kunjungi kalo kebetulan anda mampir di kota solo.